Cari Blog Ini

Selasa, 05 Januari 2010

AL-HABIB MUHAMMAD BIN AHMAD ASY-SYATHIRY



AL-HABIB MUHAMMAD BIN AHMAD ASY-SYATHIRY



Beliau dilahirkan di kota Tarim pada tanggal 28 Jumadil Tsani 1331 H. Beliau menempuh pendidikan hingga matang di kota ilmu Tarim, Hadramaut. Beliau mengambil ilmu dari para ulama di jamannya. Termasuk di antara guru-guru besar beliau adalah ayah beliau sendiri Al-Habib Ahmad bin Umar Asy-Syathiry (pengarang kitab Al-Yaaquut An-Nafiis) dan Al-Habib Abdullah bin Umar Asy-Syathiry (pengasuh Rubath Tarim)
Selain itu beliau juga menuntut ilmu kepada para ulama besar di Hadramaut dan lainnya. Beliau juga sempat diberi ijazah oleh Al-Allamah Umar bin Hamdan, seorang ahli hadits dari Haramain, saat berkunjung ke Tarim, dan meriwayatkan hadits-hadits awwaliyah kepada beliau. Beliau mengajar di berbagai ma'had di Hadramaut dan di daerah lainnya. Banyak anak didiknya yang berhasil dalam didikan beliau. Selain itu, beliau juga mengarang kitab-kitab yang berhubungan dengan ilmu dan sastra. Kitab yang paling agung yang beliau karang adalah Ath-Thariiqah Al-Hadiitsah Li At-Tadriis Fii Al-Yaaquut An-Nafiis, yaitu sebuah kitab syarah terhadap kitab yang dikarang oleh ayahnya, Al-Yaaquut An-Nafiis. Kitab karangan itu beliau susun menjadi 3 jilid tebal. Selain itu beliau juga mengarang kitab fatwa-fatwa, kitab-kitab syair, ceramah-ceramah ilmiah, kemasyarakatan dan sastra. Beliau juga mengarang Mandzumah Al-Yawaaqiit fii Al-Mawaaqiit dan lalu di-syarah oleh Ustadz Muhammad bin Hasyim. Beliau juga mengarang kitab sejarah Adwaar At-Taariikh Al-Hadramiy (seputar sejarah Hadramaut). Beliau juga mengarang kitab biografi Muhammad Ali Zainil, pelopor kebangkitan, ketua rekonsiliasi dan pendiri beberapa madrasah Al-Falaah dan lainnya. Sebagian besar karya-karya tulis beliau telah dicetak.
Selain itu, beliau mendirikan organisasi Jam'iyyah Al-Ukhuwah Wal Mu'aawanah yang bergerak dalam bidang penyebaran dakwah Islam. Beliau juga membuka sekolah-sekolah ilmiah di Hadramaut. Beliau pernah ditunjuk sebagai ketua pengganti Majlis Tinggi di Mahmakah Syar'iyyah Tertinggi di pemerintahan Qathi', daerah di negara Yaman Selatan dulu. Selain itu beliau juga pernah ditunjuk sebagai mufti majlis pemerintahan Katsir dulu di daerah Hadramaut, Yaman Selatan. Pada akhirnya beliau berhijrah ke Saudi Arabia dan beliau diberi kewarganegaraan Saudi sebagai penghargaan atas keilmuan dan kelebihannya. Meskipun telah berhijrah, beliau senantiasa melakukan aktivitasnya di dalam mengajar, mengarang dan memberikan kemanfataan kepada masyarakat, dari semenjak mudanya hingga beliau menutup mata pada tahun 1422 H.
Radhiyallohu anhu wa ardhah...
[Diambil dan diterjemahkan dari Zawaayal Ulama di situs Al-Mihrab]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar